Posted by : Anggit Rigen Thursday, 17 March 2016


Tahun 2016 sepertinya menjadi tahun yang buruk bagi JKT48.Bagaimana tidak,baru menginjak bulan ke-3 di tahun 2016 JKT48 sudah kehilangan 10 member.Dan sebagian dari mereka adalah member yang memiliki potensi luar biasa untuk menjadi icon masa depan JKT48.Ke-10 member itu adalah :


Bahkan di awal Februari 2016,terjadi graduate massal,6 member generasi 3 JKT48 secara serentak menyatakan graduate dari JKT48.Mereka adalah Cia,Farina,Indah,Farin,Tya (Trainee),dan Nina (Team T).Entah apa yang membuat mereka graduate secara massal dari JKT48.

Menurut info yang beredar,para Trainee Gen 3 memang mempunyai masalah dengan management JKT48.Sering telat dateng,susah diomongin dan lain-lain.Mereka seperti bergabung dalam sebuah geng.Mereka seakan berjalan di sisi jalan yang berbeda dari member lain.Hal ini mungkin terjadi karena mereka tidak mendapat perubahan status dari Trainee ke member tim dalam waktu yang lama.

Dan untuk Nina Hamidah,dia memang sudah tidak mengikuti kegiatan JKT48 sejak foto skandal dia dengan sang pacar.Memang Nina sudah mengklarifikasi tentang foto yang beredar,tetapi beberapa waktu kemudian muncul foto baru Nina dengan sang pacar di dalam sebuah mobil Alphard.Tentu saja hal ini membuat management dan fans muak dengan kelakuan Nina.


Badai graduate belum reda,pada event JKT48 Request Hour 2016 Haruka Nakagawa juga mengumumkan kelulusannya.Hal ini tentu mengejutkan para member dan fans.Tetapi member asal Jepang ini tidak akan langsung grad begitu saja.Dia masih punya tanggung jawab di Tim T,sehingga dia akan tetap di JKT48 sampai akhir tahun 2016.Jadi ini adalah tahun terakhirnya di JKT48.

Belum reda juga kesedihan fans pasal gradnya Haruka dari JKT48,badai kembali menerpa JKT48.Sabtu kemarin (12/3/16) Elaine Hartanto dan Sofia Meifaliani juga mundur dari JKT48.Hal itu disampaikan mereka pada show ke-2 Theater no Megami.


Bukannya mereda,badai graduate malah semakin menjadi.Setelah sang kapten memutuskan untuk lulus di akhir 2016 sang anak buah pun ikut lulus juga dari JKT48.Grace dan Chika,member Tim T  juga memutuskan untuk lulus dari JKT48 pada Selasa,15 Maret 2016 saat show Te wo Tsunaginagara.


Sungguh badai graduate yang mengerikan.Padahal ini baru awal tahun 2016 tetapi sudah banyak member yang graduate dari JKT48.Apa yang menjadi penyebabnya?

1.Masa Kontrak Member dengan JKT48 Sudah Habis
Para member JKT48 memang memiliki kontrak dengan management JKT48,dan ketika kontrak itu berakhir maka member tersebut akan disuruh untuk memilih graduate dari JKT48 atau memperpanjang kontraknya.Mungkin beberapa member yang graduate sudah enggan untuk memperpanjang kontraknya dengan JKT48.
Tapi bukankan perpanjangan kontrak itu sekitar bulan Desember,kenapa banyak member yang grad di bulan lain juga?.Hal ini karena jadwal perpanjangan kontrak untuk setiap generasi berbeda.Member generasi 1 di bulan Desember,generasi 2 di bulan Juli,generasi 3 di bulan Maret,dan generasi 4 di bulan Mei.Sekarang kita hanya bisa berharap semoga tidak akan ada lagi member yang akan graduate lagi tahun ini.

2.Terjerat Skandal dan Melanggar Aturan JKT48
Skandal,skandal,skandal!!!Ini adalah alasan yang juga cukup banyak kenapa member graduate.Sebut saja contoh Tata dan Nina yang terkena skandal pacaran.Tetapi tidak semua member yang terjerat skandal langsung grad dari JKT48.Sebut saja Jeje dari Tim J yang akhirnya tidak jadi graduate karena dia mengaku skandal pacarannya dan meminta maaf dan memutuskan pacarnya.Tidak seperti Tata dan Nina yang lebih memilih pacarnya ketimbang fans yang selama ini mendukung mereka.

3.Kondisi Kesehatan
Faktor ini juga menjadi penyebab beberapa member harus dipaksa graduate dari JKT48.Mereka adalah Zebi (Trainee Gen 3),Andela (Tim T)dan Elaine (Tim J).Mereka bertiga adalah contoh member dari JKT48 yang terpaksa graduate dari JKT48 karena sakit.Walaupun begitu mereka jauh lebih baik daripada member yang graduate karena memilih pacaran (baka).

4.Ingin Melanjutkan Cita-Cita di Luar JKT48
Beberapa member juga memutuskan graduate karena ingin menggapai cita-cita mereka di luar menjadi member JKT48.Seperti Ochi Rosdiana (Tim J) yang ingin menjadi aktris,Stella Cornelia (Tim J) yang ingin menjadi model,atau Cindy Gulla (Tim J) yang ingin menjadi youtubers :D

5.Fokus pada Pendidikan
Kebanyakan member JKT48 adalah pelajar dan mahasiswa.Sehingga banyak member yang graduate karena ingin fokus pada pendidikan mereka.Sebut saja Sofia Meifaliani (Tim J) yang ingin fokus pada Ujian Nasional yang akan dia hadapi tahun ini.

6.Lelah Menunggu Kesempatan dari Management
Ini mungkin yang mendasari banyak member yang graduate dari JKT48.Karena mereka lelah menunggu kesempatan untuk di expose.Lihat saja,kebanyakan management lebih mengexpose member yang sudah terkenal dan seakan menganak tirikan member yang masih berkembang.Ini sungguh tidak adil.Ketika member yang memiliki bakat memilih graduate karena tidak memiliki kesempatan,tempat,dan waktu untuk mengexpose diri mereka kepada masyarakat luas.


Itu mungkin alasan beberapa member memilih graduate dari JKT48.Yah,tapi apapun keputusan mereka kita harus tetap mendukung mereka di luar JKT48.

Thanks for Reading.

{ 9 Komentar... read them below or Comment }

  1. Gak papa, asal bukan melody, nabilah, ve, shania, beby, ayana, dan kinal yang graduate... Hehe...😁✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal bukan Ayana,kak Viny,Anin dan Shani masih kuat,kalo diantara mereka berempat grad bisa vakum ngidol lagi

      Delete
  2. Sedih, oshi gw sudah mengumumkan kelulusannya desember nanti (Haruka). Tp...tetap semangat, masih ada Nabilah, Kinal, Yuvi, Melody, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...aku tau perasaan ditinggal grad ama oshi...dulu pas salah satu oshi aku grad juga sedih bgt :(

      Delete
  3. Oshi ku sisa 1 bertahan dari awal debut JKT48 :')
    :v

    ReplyDelete
  4. Ya kebanyakan yg coment semua mendukung Team J gimana gk pada grad. Harusnya dukung juga dong yg muda2 dan yg masih baru. Karena mereka generasi selanjutnya. Member team J semakin dewasa jg semakin mendekati graduete jg.

    ReplyDelete
  5. Oshiku lagi sedih ditinggal papanya semoga kuat dan jgn grad force to bunda naomi dan kak dudut

    ReplyDelete
  6. Yang penting jangan Teh Imel, Badai Veranda, tsuNaomi, Shani Indira Natio, Achan, Dudut, Nabilah, dan Celine yang grade ��

    ReplyDelete

Mau berkomentar???
Silahkan Komentar,Kritik,Saran,Jualan semua boleh.Yang nggak boleh disini hanya menghina.
Karena menghina tidak memberikan manfaat apa-apa

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -