Posted by : Anggit Rigen Monday 14 March 2016


#AndElaine adalah sebutan untuk persahabatan Andela Yuwono (grad akhir 2015) dan Elaine Hartanto (grad setelah Beginner HS Fest 19 Maret 2016).Dua mantan member JKT48 ini memang memiliki ikatan persahabatan yang spesial (kaya martabak aja).Bukan hanya karena nama mereka yang saling singkron,tapi karena mereka memang selalu bersama-sama ketika di JKT48.

Kedekatan Andela dan Elaine mulai terlihat ketika mereka berdua berhasil masuk senbatsu kalender 2015 JKT48.Mulai dari titik itulah mereka semakin dekat.Sampai akhirnya nama #AndElaine muncul di kalangan fans JKT48.Bahkan mereka memiliki fanbase gabungan dari Andelaice dan Elainelastic di Twitter.


Di Sonsekyou single ke-10 JKT48 mereka juga menempati posisi yang cukup memuaskan.Elaine ada di posisi ke-17 sehingga resmi menjadi center Under Girls di lagu "Boku Dake no Value".Sedangkan Andela sendiri melesat jauh meninggalkan teman-temannya dari gen 3 di posisi ke-4 dan resmi ikut dalam senbatsu di lagu "Refrain Penuh Harapan".Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk mereka yang kala itu masih member baru JKT48.

Namun sayang,kebersamaan #AndElaine tidak bertahan lama.Beberapa bulan setelah dirilisnya single ke-10 JKT48 itu Andela jatuh sakit dan sering absen dari kegiatan JKT48.Dan secara mengejutkan pada tanggal 10 Agustus 2015 pukul 16.15 WIB dia menyatakan kelulusannya dari JKT48 lewat Twitter.


Semua fans dibuat terkejut oleh keputusan Andela.Tapi ada hal yang ganjil,Official JKT48 tidak memberikan konfirmasi apapun mengenai kelulusan Andela melalui Twitter ataupun website resminya.Tentu saja ini membuat bingung para fans.Bahkan ada yang beranggapan kalau Twitter Andela dibajak oleh haters.

Setelah dilanda kebingungan,fans JKT48 akhirnya mendapatkan klarifikasi,bahwa Andela belum berbicara dengan manajemen pasal kelulusannya dari JKT48.Jadi bisa dipastikan ini hanya keputusan sepihak dari seorang Andela.

Mendengar hal itu banyak fans yang berharap Andela masih akan kembali ke JKT48.Tapi ada juga fans yang ikhlas Andela keluar dari JKT48,mengingat kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk kembali ke JKT48.

Ada rumor juga bahwa Official JKT48 berunding dengan Andela agar dia tetap bertahan di JKT48.Hal ini karena Andela adalah member yang sangat berbakat.Dia bisa saja menjadi salah satu ikon masa depan JKT48.


Tapi semua itu sia-sia,Andela tetap keluar dari JKT48.Hal ini mungkin memang karena kondisinya yang memang tidak memungkinkan untuk mengikuti aktivitas di JKT48.Walaupun dalam hatinya dia masih ingin berjuang meraih mimpinya di JKT48.Tapi apa daya,takdir berkata lain.Dia harus dipaksa menyerah oleh keadaan.

Setelah lulus dari JKT48 Andela merilis single berjudul "Selalu Rindu".Yang mana itu adalah curahan hati dan permintaan maaf Andela kepada fansnya karena dia harus keluar dari JKT48.Dia juga mengadakan Meet And Greet di awal tahun 2016.Di event itu dia juga memutuskan untuk break dari dunia Entertainment.

Setelah kejadian itu, #Andelaine hanya tersisa Elaine yang masih bertahan di JKT48.Sebelumnya mulai 1 Agustus 2015 dia  dipindah dari Tim T ke Tim J JKT48.Alasan dia dipindah dari Tim J ke Tim T adalah untuk melatihnya agar siap menjadi kapten Tim T mendatang.Dengan belajar dari Tim terkuat dari JKT48 diharapkan dia akan mampu memimpin teman-temannya dari generasi 3 JKT48.


Tapi pada show ke-2 Theater no Megami pada Sabtu,12 Maret 2016,secara mengejutkan Elaine memutuskan untuk lulus dari JKT48 bersama dengan Sofia Meifaliani.Alasannya sama dengan Andela,karena kondisi kesehatan.Akhir-akhir ini Elaine memang sering absen dari kegiatan JKT48 karena sakit.Selain itu dia juga ingin fokus pada kuliahnya.

Dengan peristiwa ini,resmi sudah #AndElaine hilang dari JKT48.Dua member dengan talenta yang hebat sudah menyatakan lulus dari JKT48.Keduanya adalah member yang diunggulkan dari generasi mereka.Dan keduanya keluar dengan alasan yang sama,"Sama-sama dipaksa menyerah oleh keadaan".

Tapi walau begitu kenangan mereka berdua selama di JKT48 tidak akan pernah hilang di benak fans dan member JKT48.Suara medhok khas Andela dan manyun lucu si bebek Neptune Elaine akan terus dikenang oleh semua orang sebagai kisah #AndElaine yang luar biasa.


Selama di JKT48 Andela pernah 2 kali masuk senbatsu JKT48 yaitu "Pareo adalah Emerald" dan "Refrain Penuh Harapan".Sedangkan Elaine pernah 2 kali masuk senbatsu "Halloween Night" dan "Beginner".Dia juga pernah menjadi center Under Girls di lagu "Boku Dake no Value".Dan keduanya pernah masuk dalam senbatsu kalender JKT48 2015.Dan masih banyak lagi prestasi tak tersurat yang mereka ukir selama menjadi member JKT48.

Berikut beberapa foto #AndElaine :






Tetap semangat ci Andela dan ci Elaine.Sukses terus diluar JKT48.Sukses juga buat kuliahnya.Dan yang pasti jangan lupain kami,karena kami selalu ada di sisimu. #TerimaKasihAndElaine

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -