Posted by : Anggit Rigen Monday 23 May 2016


Malam Mas dan Mbak...

Pengumuman!!!Sekarang Senin.Selain hari ini Senin ada kejadian besar lain yang akan menentukan masa depan para generasi penerus di negeri ini (sok nasionalis).Mulai hari ini sebagian siswa SMK/SMA/Sederajat bakal mengalami fase-fase sulit dalam hidupnya (baca : Ujian Kenaikan Kelas/UKK),Maka dari itu,kali ini bakal share tentang kelakuan pelajar kalo lagi ato menjelang Ujian.Apa saja kah itu???

Prolog : Sebelum Ujian


1.Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Ini nih kebiasaan buruk sebagian pelajar di Indonesia.Bukannya belajar dari jauh-jauh hari,kebanyakan pelajar malah menerapkan Sistem Kebut Semalam.Efeknya sudah sangat jelas.Yang dipelajari nggak masuk,tidur kurang,pas Ujian malah ngantuk,dan nilainya jeblok.GAME OVER.Harus ikut Remedial.

Saran aja,mulailah belajar dari jauh-jauh hari.Bisa seminggu sebelum Ujian (ini sistem yang paling sering aku gunain buat UAS).Atau sebulan sebelum Ujian.Atau kalo mau lebih maksimal lagi hasilnya,belajarlah dari awal Semester.

2.Nyiapin Contekan



Ini adalah kegiatan yang biasa digunakan untuk mereka yang nggak pede dengan kemampuan mereka sendiri (aku kadang-kadang juga gitu sih).Biasanya para oknum pelajar menyiapkan contekan ini dengan berbagai variasi,kaya di secarik kertas,di paha (khusus cewek),di foto pake HP,atau di tulis di tisu muka (kayaknya sih cuma aku doang sih yang ngelakuin hal itu) biar nggak ketauan.

3.Belajar Tekun dari Jauh-Jauh Hari

Biasanya sih yang ngelakuin hal ini adalah pelajar yang emang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya sekolah.Mereka akan belajar dari jauh-jauh hari sebelum hari H.Bahkan walau itu cuma Ulangan Harian aja.

Saat Ujian


1.Ngerjain Soal dengan Kemampuan Sendiri

Ini adalah hal yang cukup langka di zaman ini.Walau begitu,banyak siswa yang masih melakukan hal ini kok.Walau kebanyakan karena udah pasrah nggak dapet contekan.Tapi hal ini patut dicontoh.Karena mau jadi apa bangsa ini kalo generasinya aja udah hobi curang dari kecil (sok nasionalis lagi).

2.Nyontek



Ini adalah cara pelarian bagi mereka yang udah nyerah buat jawab soal Ujian.Entah karena susah,nggak paham soalnya,lupa rumus,nggak ada di kisi-kisi atau karena salah jadwal.Tapi untuk yang udah pro dalam bidang ini,biasanya mereka udah nyiapin contekan dari jauh-jauh hari.

Saran aku sih,jangan keseringan nyontek ya,karena nilai itu nggak berguna kalo cuma hasil dari nyontek.Aku aja jarang banget yang namanya nyontek.Kalo nyontekin sering,biasalah bandar kunci.Ujian itu ibarat panen rejeki (canda).Ingat,yang penting itu ilmunya bukan nilai pelajarannya (sok bijak).

Dan satu lagi,kalo mau nyontek pastiin kamu bawa contekan yang bener.Ntar Ujian IPA malah bawa contekan IPS,padahal anak Tata Boga.Kalo gitu mah sia-sia kan kertas contekan kamu.

3.Tuker Jawaban ama Temen

Ini adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan oknum pelajar.Tuker jawaban ama temen.Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.Padahal kan belum tentu jawaban temennya bener kan.

4.Nglempar Kertas

Ini sebenarnya salah satu metode buat nyontek.Biasanya yang melakukan ini adalah oknum yang males buat contekan (atau takut ketauan).Jadi nyari gampangnya aja.Tinggal lempar kertas ke temen yang dirasa memiliki kemampuan lebih.

Di kertas tadi terdapat nomor togel soal yang dibutuhkan.Keakuratan lemparan sangat menentukan.Karena kalo salah sasaran,bisa-bisa tuh kertas mendarat di teempat yang nggak diinginkan (baca :meja pengawas).Keberhasilan metode ini juga ditentukan oleh target sasaran.Jika targetnya pelit jawaban,yaa palingan kertasnya dikembaliin dengan tulisan "Mikir sendiri,Kampret!!!!".

5.Ngambil Pulpen yang (Sengaja) Jatuh

Ini juga metode yang udah jadul buat nyontek.Biasanya oknum akan menjatuhkan pulpen ke arah si target.Lalu dia akan ngambil pulpen itu.Dan ketika dia berdiri,itulah saat dia beraksi.Dia akan langsung melihat jawaban yang dibutuhkan dari lembar jawab si target.Abis itu duduk-duduk bangsat manis sambil nulis jawabannya.

Keberhasilan metode ini juga ditentukan oleh akurasi lemparan dan target tujuan.Kalo akurasinya salah yaa nyasar ke kolong meja.Kalo salah target mah,bisa-bisa pulpen kamu nggak balik.Ingat sekaya apapun pelajar,pulpen tetap menjadi harta karun paling berharga di kelas.

6.Pura-Pura Budeg



Buat mereka yang udah males ama oknum kampret yang hobi nya cuma nyontek tanpa ada usaha sedikitpun bakal ngelakuin hal ini.Walau sebenarnya mereka denger,tapi mereka cuek aja.Pura-pura budeg aja.Lama-lama si oknum bakal males nanya ke mereka.Dan akhirnya mereka bisa mengerjakan soal dengan ketenangan maksimal.Btw aku dulu sering ngelakuin hal ini sih.

7.Jawab Nggak Tau,Padahal...

Ini nih yang paling ngeselin.Pas ditanya sih jawabnya nggak tau,eh ngumpulinnya paling cepet.Pas dibagiin nilainya paling tinggi.Kan kampret.

8.Ngitungin Kancing

Buat mereka yang udah pasrah dengan keadaan.Mau ngerjain nggak bisa,mau nyontek pengawasnya killer,mau haji belum mampu.Mereka akhirnya menjawab dengan mengandalkan kancing baju mereka.Ngitungin kancing dari atas ampe bawah.Tapi cara ini cuma bisa dilakukan kalo soalnya berbentuk check point,kalo soalnya essay...yo weslah.

9.Ngobrol ama Pengawas

Buat mereka yang kurang kegiatan,kurang kasih sayang,dan kurang temen ataupun lagi sial biasanya akan melakukan hal ini.Entah sebenarnya apa yang diobrolin.Tapi pelajar kaya gini sangat disukai temen-temennya.Karena ketika dia ngobrol ama pengawasnya,maka pelajar lain punya kesempatan buat nyontek.

10.Ngobrol ama Temen Sebangku

Biasanya ini dilakukan pas mereka udah selesai ngerjain soal tapi waktunya masih banyak.Atau karena mereka udah frustasi nggak bisa jawab,trus ngobrol aja deh.Yang kasian mereka yang duduk sendiri,temen nggak ada,contekan nggak punya,masa depan kelam.Yaa gitu deh.

11.Coret-Coret Buram

Kegiatan ini biasa dilakukan di Ujian Matematika,Fisika atau Kimia.Mereka yang punya jiwa seni tinggi biasa ngelakuin ini.Kertas buram bukannya buat ngitung soal malah digambarin aneh-aneh.Gambar kartunlah,gambar gununglah,gambar gunungnya kartunlah.Biasanya sih aku juga suka ngelakuin kegiatan ini kalo udah selesai ngerjain soal.Hampir seluruh buram Ujian di kehidupanku pasti jadi korban.

12.Membuat Benteng

Ini biasa dilakukan oleh anak SD.Kalo udah setingkat SMP ato SMA udah nggak deh kayaknya.Si oknum bakal mengelilingi area mejanya dengan buku yang ditegakkan.Dengan harapan pelajar lain nggak bakal bisa ngeliat jawaban dari dia.Ini dapet sugesti bego dari mana coba.Biasanya kalo benteng takeshinya rubuh karena sesuatu,dia bakal nyalahin temen sebelahnya.

13.Main Game Online

Semakin maraknya game online di platform android,seperti CoC,Get Rich,dan Tetris membuat pelajar memiliki kebiasaan baru,yaitu ngegame.Dimanapun dan kapanpun dia berada,mau lagi santai di rumah,belajar di sekolah,beli nasi padang sampai lagi di lapangan futsal.Sampai-sampai ada beberapa oknum yang malah sibuk main game daripada ngerjain Ujian.Persetan dengan Ujian,desa gue lagi diserang.

14.Tidur

Mereka yang udah selesai ngerjain soal (ngerjain sendiri ataupun nyontek) ataupun yang udah frustasi nggak bisa ngerjain biasanya akan ngelakuin ini.Tidur dulu deh,waktunya masih lama.Sebenarnya nggak boleh lho,mending daripada buat tidur,kan waktunya bisa digunain buat ngoreksi jawaban kalian.

15.Jawab Ngawur



Ini dilakukan ketika waktu Ujian hampir habis dan masih ada jawaban yang kosong.Di moment ini pelajar nggak peduli dengan jawaban yang mereka tulis.Mau bener atau salah yang penting diisi semua.Kan kalo salah masih dapet nilai (upah nulis).Mereka juga nggak takut buat nyontek ke temen lagi.Pasalnya di moment ini pengawas biasanya udah nggak terlalu konsen buat ngawasin.

16.Pasrah

Ini biasa dilakukan oleh pelajar yang udah putus asa tingkat akut.Mereka bakal pasrah ama jawaban mereka.Mau dapet nilai berapapun nggak peduli,yang penting di atas KKM.Walau kenyataannya yang seperti ini lebih sering di bawah KKm sih nilainya.

Epilog : Setelah Ujian


1.Ngecek Buku Catetan dan Paket

Kebiasaan pelajar kalo abis selesai Ujian adalah ngecek buku catetan dan buku paket.Mereka ngecek,jawaban mereka  tadi bener nggak.Kalo bener ya sujud syukur,kalo salah salto dari atas atap sekolah.

2.Ngobrol ama Temen

Kebiasaan lainnya adalah mereka bakal ngobrol ama temennya.Nanya jawaban dia tadi apa,jadwal ujian selanjutnya apa,atau sekedar marah-marah ama temennya yang pura-pura budeg.

3.Frustasi

Buat mereka yang nggak yakin ama jawaban mereka bakal mengalami hal ini.Duduk termenung di pojok,nangis,kesurupan,makan beling dan lain-lain.Makanya belajar bro.Nyontek itu cuma alternatif aja,kalo kebiasaan ya jadinya kaya klinik Tong Seng.

4.Pulang

Selesai ujian ya pulanglah,mau ngapain?Bersihin kebun sekolah.Btw ini dilakuin setelah selesai Ujian terakhir hari itu ya,jangan baru kelar ujian pertama langsung pulang.

Itu dia beberapa kelakuan siswa kalo lagi Ujian.Buat yang lagi Ujian (termasuk aku) rajin-rajin belajar ya.Jangan nyontek.Percaya pada kemampuan kalian.Kalian punya impian kan?Dan percaya kepada masa depan.Tak kenal rasa takut tak pernah pandang bulu (malah nyanyi Beginner).Mari kita berjuang buat UKK tahun ini.

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -