Posted by : Anggit Rigen Friday 3 June 2016


Senin (31/5/16) JKT48 resmi merilis Single ke-13 mereka yang berjudul "Mae Shika Mukanee (Hanya Lihat ke Depan)".Presscon dan peluncuran single terbaru itu dilakukan di JKT48 Theater,fX Sudirman,Jakarta.Single tersebut sudah mulai dijual pada tanggal 1 Juni lalu melalui JKT48 theater dan pembelian online.

Mae Shika Mukanee merupakan single Sonsekyou ke-3 JKT48.Dan artinya member yang membawakan single ini adalah mereka yang telah terpilih di Sonsekyou Single ke-13 JKT48 7 Mei lalu.Berbeda dengan AKB48,dimana Single ini adalah single terakhir dimana Oshima Yuuko menjadi center sebelum graduate.

Berikut adalah Tracklist dari JKT48 13th Single "Mae Shika Mukanee (Hanya Lihat ke Depan)" :

1.Mae Shika Mukanee (Hanya Lihat ke Depan) [Senbatsu]
2.Dakishimecha Ikenai (Tidak Boleh Pelukan) [Under Girls]
3.Kataomoi Finally (Cinta Tak Berbalas Finally) [Team J]
4.Migi e Magare (Beloklah ke Kanan) [Team KIII]
5.Hashire Penguin (Larilah! Penguin) [Team T]
6.Always Looking Straight Ahead (Hanya Lihat ke Depan) [English Version]


Ada beberapa perbedaan pada Single Mae Shika Mukanee JKT48 dengan AKB48 yaitu:

1.Seifuku
Seifuku milik JKT48 lebih dominan warna hitam sedangkan milik AKB48 cenderung ke warna yang terang.

2.MV [Music Video]
MV milik AKB48 hanya memperlihatkan member AKB48 sedang perform secara live di panggung.Sedangkan MV milik JKT48 memiliki jalan cerita yaitu Veranda pergi ke masa lalu untuk menyemangati Veranda kecil.Sebagai gantinya di MV milik Under Girls,Dakishimecha Ikenai hanya diperlihatkan member perform saja tanpa alur cerita di dalamnya.

3.Jenis Single
Untuk JKT48 single ini adalah single hasil voting Sonsekyou tahun 2016 dengan Veranda sebagai Center.Sedangkan untuk AKB48 single ini adalah single terakhir dimana Oshima Yuuko menjadi Center sebelum graduate.

Mengulang pada Single ke-10 JKT48 "Refrain Penuh Harapan",pihak official langsung mengupload MV Mae Shika Mukanee dan Dakishimecha Ikenai di akun youtube resmi JKT48.Jika alasan pihak official mengupload Single ke-10 dulu karena ada rumor MV telah bocor di G+ sehingga pihak official harus rela mengupload MV mereka lebih cepat dari biasanya.Tapi untuk Single ke-13 ini sepertinya pihak official memang dengan suka rela mengupload ke youtube.

Berikut ini adalah MV yang diupload pihak Official JKT48

Mae Shika Mukanee (Hanya Lihat ke Depan)


Dakishimecha Ikenai (Tidak Boleh Pelukan)




Hal ini mungkin sebagai apresiasi pihak official kepada fans JKT48 yang telah melakukan voting untuk oshi mereka agar bisa masuk ke dalam Single ini.Terlebih lagi,akhir-akhir ini fans far sangat sulit untuk mendapatkan DVD JKT48 dikarenakan banyak toko CD/DVD Music yang gulung tikar (termasuk Jogja,huhuhu).Satu-satunya jalan untuk fans far untuk mendapatkan DVD JKT48 adalah dengan membeli via online.Itupun kalo fansnya punya ATM.

Lagipula pihak official JKT48 tidak akan merugi dengan mengupload MV tersebut.Karena fans JKT48 sendiri tetap akan membeli DVD Original JKT48.Fans sudah paham bagaimana mensupport idolnya dengan baik.


Terima Kasih untuk pihak Official JKT48 yang telah mengupload 2 MV di Single Mae Shika Mukanee untuk kami.Dan sebagai fans mari kita tetap support JKT48 dengan membeli DVD Original mereka (kalo fans far harus nunggu ada DS).

Thanks for Reading.



Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -