Posted by : Anggit Rigen Thursday 9 March 2017


Rabu,8 Februari 2017,JKT48 kembali merilis single baru.Single bertajuk "So Long!" menjadi Single JKT48 ke 16 sekaligus Single Kelulusan Jessica Veranda.Single ini dirilis di Theater JKT48,fX Sudirman,Jakarta Selatan.

Yang membedakan So Long dengan Single JKT48 yang lain adalah irama lagunya.Jika kita biasanya disuguhi oleh lagu yang berirama upbeat,justru di Single So Long! kita akan mendengarkan lagu yang sangat melow.Bahkan So Long! dinobatkan sebagai Single paling melow dari semua Single JKT48.

'Ini adalah SingleJKT48 yang paling sedih biasanya kan upbeat,'ucap Kinal,saat presscon Rabu kemarin.

Lagu ini bercerita tentang hubungan persahabatan yang kuat di kala senang ataupun sedih.Hal ini karena sin gle ini merupakan Single Kelulusan Jessica Veranda dari JKT48.Ada 16 member terpilih untuk membawakan Single ini.

Perwakilan Senbatsu dari Team J adalah : Jessica Veranda [Center],Devi Kinal Putri,Michelle Christo Kusnadi,Nabilah Ratna Ayu Azalia,Shania Junianatha,dan Thalia Ivanka Elizabeth.Dari Team KIII yaitu Ayana Shahab, Beby Chaesara Anadila, Chikano Rina, Cindy Yuvia, Ratu Vienny Fitrilya, dan Shani Indira Natio. Team T memiliki jumlah perwakilan anggota senbatsu paling sedikit yaitu Adhisty Zara, Made Devi Ranita Ningtara, Melody Nurramdhani Laksani, Nurhayati.

Berikut adalah Track List dari Single JKT48 So Long! :

EP

CD
1.So Long! [Senbatsu]
 2.Di Sini Rhodes, Lompatlah!(Koko ga Rhodes da, Koko de Tobe!)
3.Virginity [Team J]
4.Birth [Team KIII]
5.Cinta Pertama Butterfly(Hatsukoi Butterfly) [Team T]
6. So Long (English Version) [Senbatsu]

DVD
1.MV So Long!
2.HOKKAIDO with My Best Friend
Bonus
1.Photopack (acak)
2.Kupon voting sousenkyo (7 suara)

Harga : Rp.80.000,-

MUSIC DOWNLOAD CARD

Music Download
1.So Long!
2.Di sini Rhodes, Lompatlah! (Koko ga Rhodes da, Koko de Tobe!)
3..So Long! (English Version)

Bonus
1.Tiket handshake SO LONG
2.Kupon voting sousenkyo (3 suara)

Harga : Rp.40.000,-





Beberapa hal yang menarik dari Single So Long! :

1.Shooting MV di Jepang
Yang spesial di Single ini adalah MVnya.Untuk pertama kalinya JKT48 merilis MV Single bernuansa Salju dan langsung mengambil tempat di Jepang.Tepatnya,MV So Long! mengambil lokasi di Hokkaido,Jepang pada Januari 2017 lalu.Proses pembuatan Single So Long! ditangani oleh sebuah perusahaan dari Jepang.

2.Veranda Kembali Menjadi Center
Setelah posisinya sebagai center digantikan oleh Nabilah pada Single ke-15 Luar Biasa,kini Veranda kembali mengisi posisi Center JKT48.Hal ini jelas dilakukan karena So Long! menjadi Single terakhir Veranda bersama JKT48.

3.Senbatsu So Long Sama Seperti Senbatsu Saiko Kayo
Jika dilihat-lihat Senbatsu dari Single So Long! sama persis dengan Senbatsu sebelumnya di Single Saiko Kayo.Yang membedakan adalah posisi Haruka nakagawa digantikan oleh Thalia Ivanka Elizabeth.Selebihnya adalah sama.

4.Menjadi Lagu Paling Melow
So Long! menjadi Single paling melow yang pernah dirilis JKT48.Kesedihan di lagu ini terlihat jelas dari setiap lirik pada lagu ini.Bahkan,JEssica Veranda sempat menitikkan air mata karena tak kuasa menahan haru.Dia berkata akan sulit Move On dari kenangannya selama bersama JKT48.

5.Sesi Handshake Veranda Langsung Sold Out
Yang cukup mengejutkan dari rilisnya Single So Long adalah langsung sold outnya tiket Handshake terakhir Veranda untuk semua sesi.Hanya berselang 1 hari JKT48 merilis Single ini dan seketika itu juga semua sesi HS Veranda sold out.Karena ini adalah Handshake terakhir Ve selama di JKT48 jadi banyak fans yang ingin melewati moment-moment akhir Veranda di JKT48.

6.MV So Long! Langsung Dirilis di Official Youtube JKT48
Hanya sedikit MV Single dari JKT48 yang langsung diupload ke Youtube Channel Official JKT48 oleh management.Biasanya butuh waktu lama untuk pihak management mengupload sebuah MV.


Hal ini dilakukan mungkin karena ini adalah MV perpisahan Jessica Veranda dengan JKT48.Hal ini juga dilakukan pada Single Saiko Kayo yang juga merupakan Single terakhir Haruka Nakagawa bersama dengan JKT48.

7.Sebagai Tanda Bahwa Sonsekyou Single ke-17 Telah Dimulai
Sonsekyou atau pemilihan member Senbatsu menurut pilihan fans adalaha hal yang rutin dilakukan JKT48 sejak 2014 silam.Setiap tahun JKT48 melakukan Sonsekyou untuk memberikan kesempatan pada fans agar dapat memilih member Senbatsu dengan cara voting.Dan tahun ini JKT48 menjadikan single So Long! sebagai salah satu medianya.

Itulah beberapa ulasan tentang Single ke-16 JKT48 So Long!Single ini bisa kealian dapatkan di JKT48 Theater, Situs Tokopedia JKT48, Matahari Mall, dan JKT48 Official Web Shop.

Thanks for Reading.

Matur Nuwun.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -