Posted by : Anggit Rigen Thursday 25 February 2016



Malam Mas dan Mbak'e...

Buat kalian yang lahir tahun 90-an pasti tau dong platform game Nintendo.Sebuah platform game yang sangat populer di tahun 2000-an ini memang menjadi platform game di masa itu.Masa sebelum runtuhnya kerajaan Majapahit PlayStation menjamur di Indonesia.Walaupun bisa dibilang grafik games di Nintendo kala itu masih jelek.

Nggak sedikit orang yang pernah memainkan Nintendo,dan pasti mereka juga punya kenangan mereka masing-masing.Nah pasti kalian juga punya kenangan tersendiri dengan game-game di Nintendo.Misalnya,moment rebutan stick P1 dengan adik/temen,mati listrik ketika lagi asyik-asyiknya main dan disusul dengan marah-marah(maki-maki petugas P*N biasanya),ampe moment banting stick kalo kalah.

Untuk gamenya,setiap orang pasti punya game favorite mereka masing-masing.Kayak Mario Bros,Donkey Kong,atau Contra.Walau grafiknya belum bagus tapi game-game itu mampu menarik perhatian gamers waktu itu,karena gameplay dan fiturnya menarik.

Dari sekian banyak games Nintendo,ada beberapa games yang paling sering dimainkan dan menjadi favorite banyak orang.Saking seringnya dimainkan games tersebut menjadi game-game Legend Nintendo.Games apa aja itu?Yuk simak bacotanku yang satu ini.

1.Super Mario Bros(1985)


Siapa sih yang nggak kenal ama game Legend satu ini?Game dengan karakter utama tukang ledeng dari Italy dengan ciri khas:pendek,berkumis tebal dan memakai pakaian overall merah dan baju kecoklatan itu sukses menjadi pelopor game scrolling di industri game rumahan.Game ini sangat menarik karena menyuguhkan alur cerita yang berkembang dan punya kesulitan sendiri di setiap stagenya.

Super Mario Bros memiliki 8 stage dengan 4 sub stage disetiap stagenya(stage 1-1 sampai 8-4).Game ini bercerita tentang Mario,seorang tukang ledeng yang harus menjelajahi Mushroom Kingdom untuk membebaskan sang Putri Toadstool.Tapi perjalanannya tidak akan semudah ngupil karena sepanjang game dia akan dihadang oleh pasukan Bowser.


Para Bowser bisa dihancurkan dengan cara diinjak atau si Mario melemparkan kerikil api yang didapat setelah ngambil Bunga Api di bata bertanda tanya(?).Tapi sebelumnya dia harus mengambil Jamur Merah terlebih dahulu dari bata bertanda tanya(?).Tapi tidak semua Jamur Merah dan Bunga Api ada di bata tanda tanya,karena kebanyakan bata itu berisi koin untuk si Mario.

Awalnya pemain cuma diberi 3 kesempatan,tapi seiring berjalannya permainan kesempatannya bisa meningkat.Cukup dia mengambil Jamur Hijau(1UP) yang ada di bata invisible atau di salah satu bata biasa di dalam game tesebut atau mengumpulkan 100 koin untuk 1 nyawa.Jika dia gagal maka ya Game Over lah dia.


Dan lebih asyiknya game ini memiliki fitur 2 players dengan cara bergantian.Dan untuk player ke-2 dia akan memainkan karakter Luigi,yaitu adik Mario.Penampilannya hampir sama,cuma dia berpenampilan overall putih dengan baju hijau,dan dia lebih tamvan.

Nah buat kalian anak 90-an,kalian main Super Mario Bros ampe stage berapa?

2.Donkey Kong(1981)


Game dengan karakter utama seorang JumpMan(sekarang dikenal sebagai Mario) cebol yang harus menyelamatkan Lady(sekarang dikenal sebagai Pauline) yang menjadi tawanan kera besar yang populer dengan nama Donkey Kong.Dan si JumpMan dan si kera adalah maskot Nintendo yang paling populer.

Game ini cukup ringan karena areanya cuma terbatas satu ruang saja.Gameplaynya si JumpMan harus menaiki tangga menuju ke lantai atas dimana Lady berada.Tapi di tengah jalan dia harus melewati tong-tong yang digelindingkan si Donkey Kong dari atas(licik nih monyet).Di lantai 2 dan lantai 4 JumpMan bisa ngambil palu untuk ngancurin tong-tong kosong nyaring bunyinya itu.


Di seri ke-2 nya game ini bercerita tentang si Kong Jr yang harus nyelametin bokapnya yaitu si Donkey Kong yang sudah dikalahkan JumpMan dan dikurung di lantai teratas.Si Kong Jr harus nyelametin bokapnya(kalo nggak ntar dikutuk jadi batu) dengan cara memanjat tali di area yang ada.Di tengah jalan dia akan dihadang oleh semacam buaya mekanik yang diluncurkan si JumpMan.Dan disini dia tidak bisa membunuh buaya-buaya itu tapi hanya bisa menghindarinya dengan cara berpindah ke ranting lain.


Di seri ke-3nya bercerita tentang pertempuran si BugMan yang harus mengalahkan Donkey Kong yang udah dibebasin anaknya dari JumpMan.Gameplaynya cukup lucu karena player harus mengarahkan si JumpMan untuk menembaki bokong si Donkey Kong ampe kepalanya nyungsep kedalam sarang tawon di atas kepalanya.

Kalian lebih suka Donkey Kong yang mana,Donkey Kong 1,2,atau3?

3.Pac-Man(1980)


Game dengan karakter lingkaran kuning (lebih mirip pizza sih) yang memiliki mulut ini juga sangat populer dikalangan gamers,bahkan sampai sekarang.Game ini simple dengan cuma terbatas satu ruang aja.Gameplaynya sederhana,si Pac-Man cuma harus memakan semua makanannya(titik) di area game berbentuk lorong berliku sambil menghindari musuh-musuhnya.Di beberapa sudut area ada buah cerry yang jika dimakan oleh si Pac-Man maka dia bisa memakan musuh-musuhnya(kejamnya).

Game ini masih populer sekarang,bahkan game ini juga dirilis untuk PC dan android dengan grafik 3D yang menarik.Kalo kalian masih suka main Pac-Man ngak sekarang?

4.Circus Charlie


Kalian masih ingat game yang cukup kampret satu ini?Circus Charlie adalah game scrolling yang paling mudah untuk dimainin tapi susah ditamatin.Game yang bercerita tentang Charlie,pawang Circus yang harus melakukan show dengan melewati rintangan bersama hewan-hewannya dengan jarak dari start ke finish sekitar 170 meter.

Game ini dibilang cukup mudah dimainin karena gameplay dia cuma melompat-lompat melewati rintangan.Tapi juga susah ditamatin karena rintangannya mendekat perlahan-lahan.Lompatan yang dilakukan si Charlie harus tepat,meleset dikit aja dia bisa mati kena rintangan itu atau jatuh.
Game ini punya 4 stage yaitu:
  1. Stage 1,Charlie harus menunggang singa dan melompat melewati lingkaran api.Dan di beberapa titik dia juga harus melompati tungku api.Dan moment lompatannya ini harus tepat,telat atau kecepetan 1 detik aja pantat si Charlie akan kebakar api cemburu.
  2. Stage 2,Charlie harus berjalan di atas tali dan melompati monyet.Dan jarak antara monyet satu sama lain tidak beraturan,kadang jauh kadang dekat,kadang-kadang juga harus melompati dua monyet sekaligus.Tapi menurut aku ini adalah stage termudah di game ini.
  3. Stage 3,Chalie harus berjalan di atas bola dan harus melompat dari satu bola ke bola lain.Ketepatan waktu,jarak dan keberuntung sangat dibutuhkan disini.karena kalo salah dikit aja si Charlie bakal jatuh dan tewas.Dan ini adalah stage yang terkampret di game ini.
  4. Stage 4,Charlie harus menunggang kuda dan melompat di pegas yang ada di arena.Lompatannya harus tepat,karena salah dikit aja Charlie bakal jatuh dan ditinggal si kuda(nggak setia main ninggalin aja).

Dan menurut aku ini adalah game terkampret di Nintendo,tapi anehnya aku masih suka main game satu ini.Ada yang sama?

5.Contra(1988)


Ini adalah game tembak-tembakan paling populer di Nintendo.Game ini bercerita pada 2633 , kejahatan Organisasi Red Falcon telah menetapkan dasar di Galuga kepulauan dekat Selandia Baru dalam komplotan untuk menaklukkan dunia . Dua komando , Pfc . Bill Rizer dan Pfc . Lance Bean unit Contra ( kelompok elit tentara yang mengkhususkan diri dalam perang gerilya ) , dikirim ke pulau untuk menghancurkan pasukan musuh dan mengungkap hakikat dari entitas asing mengendalikan mereka.

Contra memiliki gameplay yang keren dengan sudut pandang 3D dan memiliki 8 stage dengan kesulitan  yang semakin meningkat.Karakter game ini bisa mengupgrade amunisi mereka agar lebih kuat dengan mengambil huruf dari kotak bersimbol (kaya) garuda.Sejauh ini yang aku tahu ada beberapa jenis huruf amunisi di game Contra yaitu:M(peluru merah),R(bentuknya nggak berubah dari yang standard),S(peluru menyebar),F(peluru bermotif kaya sharingan),L(laser),dan C(lupa kayak gimana).

Yang seru dari game ini adalah game ini bisa dimainkan berdua.Tapi berbeda dengan game Nintendo kebanyakan(harus gantian antara P1 dan P2) di game ini kalian bisa bermain bersamaan sebagai satu tim.Bahkan menurutku game ini harus dimainkan secara berdua,mustahil namatin game ini sendirian.

Btw kalo aku sih gara-gara fitur di atas sering ribut ama temenku karena rebutan ngambil huruf amunisi(namanya juga usaha bertahan hidup).Dan sampai saat ini aku hanya bisa ampe stage 3-1,kalo kalian ampe stage berapa?

6.Jackal(1988)


Yang suka game tentara-tentaraan pake jeep pasti suka game ini,Jackal.Game adventure ini bercerita tentang unit Jackal.Unit Jackal adalah kelompok elite empat tentara yang telah mengalami resimen pelatihan yang keras untuk bertahan hidup dalam lingkungan apapun . Tim ini terdiri dari Kolonel Decker , Letnan Bob , Sersan Quint dan Kopral Grey. Mereka telah diberi misi untuk mendorong dua jip bersenjata ke wilayah bermusuhan untuk menyelamatkan dan ekstrak tawanan perang.

Sama dengan Contra game ini juga bisa dimainkan dengan P2 secara bersamaan.Jackal memiliki gameplay yang bagus dengan stage yang cukup banyak.Disini kalian harus menghadapi,senjata mesin,tank,kapal perang dan tentara pejalan kaki(miskin nggak punya kendaraan).Dan yang paling shugoi dari game ini adalah game ini nggak bisa game over,karena ketika nyawa kalian abis,game itu masih bisa di continue,asyik banget kan?

7.Yie Ar Kung Fu(1985)


Yie Ar Kung Fu adalah game fighting yang cukup sulit.Karena game ini hanya berarea 1 ruangan aja,yaitu Grand Master Room.Game ini bercerita tentang Lee,seorang kung fu kampret dan amatiran melawan para Master di room tersebut.

Yang membuat sulit game ini adalah karakter Lee cuma bisa melompat,menendang,dan memukul sedangkan lawannya bisa memakai senjata(kesenjangan sosial nih).Dan yang paling kampret adalah jika kalian kalah di stage berapapun kalian harus mengulang lagi dari lawan pertama di stage 1.Dan berikut adalah lawan-lawan Lee di Grand Master Room:
  1. Wang (Stage 1),pria bermodalkan tongkat sebagai senjatanya.Layaknya Sun Go Kong dia amat mahir menggunakan tongkatnya untuk mendapatkan momentum serangan.
  2. Tao (Stage 2),dia mungkin masih keturunan Uchiha,karena dia bisa menyemburkan bola-bola api dari mulutnya.Dan bola api itu menjadi senjata jarak jauh yang menguntungkan.
  3. Chen (Stage 3),pria berbaju ijo ini adalah lawan yang cukup nyusahin.Pasalnya dia membawa senjata rantai yang bisa digunakan untuk senjata jarak jauh dengan dilempar.Jangankan nyerang,deketin dia aja susahnya minta ampun.
  4. Lang (Stage 4),dia hampir mirip dengan Chen,cuma beda bentuk rantai aja.Kalo dia ujung rantainya ada bintangnya,selain itu sama semua.Dia juga sulit untuk didekati(sok jual mahal sih).
  5. Wu/Mu (Final Stage),aku belum pernah sampai ke stage ini,jadi aku nggak bisa ngasih info lebih lanjut.
Kalian masih mau nggak kalo disuruh main game kampret ini?

8.Bomberman(1991)


Ini adalah game teroris pertama nih.Soalnya kerjanya cuma ngebom tembok mulu.Ceritanya karakter utamanya dipenjara,lalu dia mencoba kabur dengan cara mengebom semua tembok,karena pintu keluarnya ada di balik salah satu tembok.Selama permainan dia juga harus mengebom musuh yang mirip dengan balon agar bisa keluar dari penjara itu.

Game itu bergenre Maze Arcade dengan satu ruangan gameplay aja jadi butuh skill yang cukup hebat untuk namatin game ini.

9.1942,1943,dan 1944(1984-1990)


Game trilogi ini bercerita tentang World War II dengan player sebagai pihak Jepang.Game ini cukup seru karena punya perkembangan keren di setiap serinya.Di seri 1942,kita hanya bisa mengalahkan pesawat musuh dengan tembak atau menghindarinya dengan salto belakang.Tapi di seri 1943 dan 1944 ada fitur tambahan serangan petir ketika salto belakang untuk menghindari serangan lawan.Dan fitur ini cukup efektif dalam mencari kemenangan di game trilogi ini(selain cheat).

10.Adventure Island(1992)


Game ini punya gameplay mirip dengan Super Mario Bros,bedanya cuma di story,latar,dan desain karakternya saja.Adventure Island bercerita tentang seorang anak di Jaman Purba yang berpetualang untuk mencari Putri Leilani yang diculik Dokter kampret bernama King Quiller.

Game ini memiliki stage yang lebih sedikit dari Super Mario,tapi nggak membuatnya kalah saing.Di gamenya si anak Purba harus berjalan menaiki gunung,melewati lembah dan menyeberang samudra.Di jalan dia juga dihadang oleh keong racun,king cobra,gagak,dan hewan lain.Tapi tenang kalian bisa melawan mereka dengan kapak yang didapat dengan memecahkan telur.Dia juga harus mengambil buah yang ada di jalan agar tidak mati kelaparan,karena jika sampai kelaparan maka kalian akan game over.


Di seri ke-3nya ada fitur baru yang menguntungkan si player.Fitur itu adalah mereka bisa menunggangi dinosaurus untuk melawan musuhnya.Dinosaurus itu bisa didapatkan dengan cara memecahkan telur di jalan.

Nah itulah beberapa game Legend di Nintendo.Kalian lebih sering main yang mana.Jika kalian tertarik bermain game itu lagi sembari bernostalgia,kalian bisa menggunakan aplikasi nestopia.Nestopia adalah aplikasi emulator Nintendo.Aplikasi ini sangat ringan digunakan di PC kalian.

Jika kalian tertarik bermain game itu lagi download aja disini

Mungkin itu segitu dulu dari aku.Sampai jumpa diartikel berikutnya.Jangan bosen-bosen ngunjungin blogku ini.

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -