Posted by : Unknown Thursday, 9 June 2016


Pagi Mas dan Mbak...

Masih kuat kan puasanya?Ya kali jam segini udah nggak kuat.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim.Selama kurang lebih 30 hari kita harus berpuasa.Puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dari Shubuh hingga Maghrib,tapi kita juga harus menahan amarah dan hawa nafsu.Yang istimewa dii bulan ini adalah pahala dari semua ibadah dilipat gandakan.Makanya kita semua wajib mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Selain itu,ada yang spesial di bulan Ramadhan.Ada beberapa hal yang hanya ada di bulan Ramadhan.Apa saja itu?

1.Tarawih



Tarawih adalah shalat sunah yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan.Biasanya Tarawih dilaksanakan sehabis shalat Isya'.Jumlah rakaat shalat Tarawih umumnya 20 rakaat (ada juga yang 8 rakaat) dengan 2 rakaat salam per shalatnya.Setelah itu ditambah shalat Witir 3 rakaat.

Dan biasanya barisan paling tidak kondusif adalah barisan belakang.Karena barisan ini biasa diisi oleh anak kecil.Ada yang shalatnya main-main,baru 1 rakaat udah salam,ada yang nangis kepentok tiang masjid.Macem-macemlah.

2.Sahur



"Sahuuur.Sahuuur.Sudah jam 4,bentar lagi Imsak!!!"
Suara seperti itu hanya bisa kita temui di bulan Ramadhan.Biasanya berasal dari Toa masjid.Biasanya kalo tidak ada Toa biasa diganti dengan bedug.

3.Shubuhan



Shubuhan adalah agenda untuk sholat shubuh secara berjamaah di masjid.Setelah sholat shubuh langsung dilanjutkan ceramah singkat.Ceramah itu disebut Kuliah Shubuh,dan Inshaallah SKSnya gratis.


4.Ngabuburit



Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa.Biasanya anak-anak muda pergi jalan-jalan atau sekedar nongkrong di masjid sembari menunggu waktu berbuka (dan takjil gratis tentunya).Kalo mau ngabuburit sebaiknya kalian lakukan sekitar jam 4 sore,jangan ngabuburit dari jam 1 siang,kelamaan nunggu waktu berbukannya.

5.Buka Puasa



Nah,ini nih yang paling ditunggu di bulan Ramadhan.Dengan tandanya adalah adzan Maghrib,buka puasa menjadi kegiatan paling dinanti semua orang.Karena itu,di bulan Ramadhan,adzan Maghrib menjadi hal paling dinantikan lebih dari apapun.Biasanya sebelum buka puasa juga ada Kultum,semacam ceramah singkat pengantar waktu berbuka.


6.Zakat Fitrah



Ini adalah kegitan yang wajib dilakukan semua umat muslim yang mampu.Ini adalah rukun Islam ke 4.Biasanya zakat fitrah dilakukan di malam Takbiran.Zakat bisa berupa bahan makanan pokok (di Indonesia beras sebesar 2,5kg) atau uang sebesar harga makanan pokok tersebut.

7.Pesantren Kilat



Kegiatan ini rutin dilakukan oleh sekolah sebelum tiba libur menjelang Idul Fitri.Biasanya dilakukan selama sehari atau sehari semalam di sekolah.


8.Takjil



Nah biasanya di bulan sering ada Takjil.Takjil adalah makanan pembuka untuk berbuka puasa.Misalkan,kolak,kurma,sup buah,dadar gulung dll.Tempat paling mudah untuk mencari takjil adalah masjid.Dan udah jadi kebiasaan kalo anak muda pergi ke masjid cuma untuk nyari takjil,dengerin ceramaah nggak.

9.Petasan



Selain identik dengan tahun baru,petasan juga identik dengan bulan Ramadhan.Bahkan budget yang dikeluarkan untuk membeli petasan lebih banyak pas bulan Ramadhan dibanding tahun baru.Mulai dari anak-anak,remaja,orang tua,mbah-mbah,semuanya main petasan.Dari petasan korek,tikus,roket,dll.Yang miris adalah kadang mereka main petasan nggak kenal waktu dan tempat.Sering anak-anak main petasan di dekat masjid pas shalat Tarawih.Alhasil banyak orang yang terganggu.

10.Perang Sarung



Ini adalah permainan khas di bulan Ramadhan.Biasanya yang melakukan ini adalah anak kecil usia SD atau SMP.Tata caranya : Siapin sarung,iket bagian ujungnya,trus kepret-kepretin ke temen kalian.Emang cukup sakit sih kalo kena,tapi tetep aja seru.Kadang ada yang kena trus nangis,ngadu ke orang tuanya,trus 5 menit kemudian ikut lagi dan nagis lagi.Youweslah.

11.Iklan Sirup



Ini adalah pertanda dimulainya bulan Ramadhan.Bahkan ini lebih awal daripada hilal.Iklan sirup biasanya mulai bertebaran sejak 1 bulan sebelum puasa.Alhasil dipertengahan puasa tuh iklan sirup udah bertema Lebaran.

Itu tadi beberapa hal yang identik dengan bulan Ramadhan.Ada pendapat lain tau ada yang punya pendapat tentang  hal identik lain.Yuk tambahin di kolom komentar.Jangan malu-malu.Dan mari kita tingkatkan ibadah kita di bulan yang suci ini.Selamat Berpuasa.

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -